Intan Dalam Debu – the web

Asah Otak – Bagaimana Menyebrang ?

Posted by adminidb July 2, 2013, under Volume 5 | No Comments





Asah Otak - Bagaimana Menyebrang ?

Intan Dalam Debu

 

Negara Boulak dan negara Bualig dipisahkan sebuah sungai yang mengalir membelah daratan kedua negara tersebut. Satu-satunya penghubung antara kedua negara tersebut adalah sebuah jembatan bernama “Jembatan Che Peg” yang panjangnya 1000 meter. Tepat ditengah-tengahnya terdapat pos penjagaan berupa ruang tertutup yang hanya ada sebuah pintu tempat keluar masuk. Pos penjagaan ini dijaga seorang penembak tepat yang hanya akan keluar sebentar tiap 1 menit dan jika tahu ada orang yang lewat dia akan minta uang 100 perak. Bagi yang enggak membayar maka tidak boleh lewat, dan kalau nekat akan ditembak.

 

Suatu hari ada seorang pemuda miskin (tidak punya uang) bernama Bho Keg ingin menyeberang. Menyeberangi jembatan itu dengan berjalan kaki memerlukan waktu 3 menit, sedang kalau berlari maka perlu waktu 1 ½ menit. Kalau dia berlari maka dalam satu menit dia berhasil melewati pos penjagaan tapi belum sampai ke seberang sehingga akan ditembak pada saat penjaga keluar. Sedang kalau dia berjalan maka sebelum sampai di pos penjagaan dalam satu menit penjaga pos akan keluar, melihat ada yang akan menyeberang maka dia akan menunggu dan minta uang seratus perak. Karena si Bho Keg tidak mampu membayar maka dia pasti tidak boleh lewat.

 

Nah, lalu bagaimana caranya agar si Bho Keg dapat menyeberangi jembatan itu dengan selamat tanpa memberi uang pada penjaga pos ? Dapatkah para pembaca yang budiman menolongnya ? Trims !!!

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*