Intan Dalam Debu – the web

Millenium 2000 – Bagaimana kita sebagai Taoyu generasi muda menyikapinya ?

Posted by adminidb June 17, 2013, under Volume 5 | No Comments





Millenium 2000 - Bagaimana kita sebagai Taoyu generasi muda menyikapinya ?

Oleh : Daniel D

 

Tidak terasa sekarang kita sudah memasuki era abad ke-21 atau millenium ketiga dari penanggalan masehi. Mengukur sejarah peradaban manusia, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka pada abad ke 20 yang lalu merupakan era yang sangat banyak memberikan perubahan dan kemajuan terhadap peradaban manusia, perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Dalam seratus tahun terakhir ini sangat banyak penemuan-penemuan dalam bidang teknologi dan lain-lain yang memberikan perubahan besar pada kehidupan manusia di dunia dalam segala aspek.

 

Memasuki era millenium ketiga sekarang ini jaman sudah mulai mengalami pergeseran-pergeseran ke arah keterbukaaan dan globalisasi dimulai dari bidang perekonomian (perdagangan), informasi dan teknologi. Hal ini secara cepat akan membawa semuanya ke dalam kancah persaingan dalam segala aspek kehidupan pada skala yang lebih besar bahkan mendunia dalam kecepatan yang tinggi.

 

Lalu sebagai seorang Taoyu bagaimanakah pandangan kita memasuki era millenium ini ?

 

Menurut saya secara realistis kita sebaiknya selalu berpandangan positif terhadap perkembangan ini. Walaupun demikian, kita tentunya harus juga mmpunyai kepekaan yang lebih tinggi untuk bisa menyeleksi segala dampak yang mengalir supaya tidak terbawa arus-arus negatif yang juga ikut mengalir.

 

Sebagai seorang Taoyu yang merasa relatif masih muda, saya melihat bahwa perkembangan jaman yang sedemikian cepat ini mau tidak mau harus disikapi secara nyata dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Persiapan diri kita ini sebenarnya memang tidak pernah juga lepas dari tujuan SiuTao kita yaitu “SIU SING YANG SING” yang secara singkat dapat saya istilahkan dengan “Meningkatkan Kualitas Diri Seutuhnya”, dimana peningkatan kualitas ini meliputi Jiwa, Raga, dan Pikiran.

 

Sehubungan dengan perkembangan jaman yang ada maka menurut saya tuntutan peningkatan kualitas yang akan sangat terasa mendesak adalah dalam hal pikiran selain jiwa dan fisiknya. Daya pikir kita mau tidak mau dituntut untuk bekerja ekstra untuk mengimbangi percepatan perkembangan yang ada sekarang ini jika tidak ingin tertinggal dan tidak memiliki daya saing yang memadai. Adapun hal-hal yang secara nyata menurut saya sudah menjadi tuntutan bagi individu yang masih ingin berada di atas dalam arus persaingan era millenium ini adalah:

  • Pendidikan Formal yang memadai (minimal S1).
  • Memiliki keahlian dalam bidang khusus.
  • Kemampuan berbahasa asing sebanyak dan sebaik mungkin.
  • Kemampuan menggunakan komputer.
  • Memiliki lingkungan pergaulan dan wawasan yang luas.

 

Untuk sementara waktu, memang mungkin bagi yang tinggal di daerah (apalagi daerah yang terpencil) belum begitu merasakan adanya pengaruh dan perubahan besar dalam aspek kehidupannya. Hal ini disebabkan karena dampaknya kemajuan jaman memang belum menyebar secara merata. Akan tetapi melihat adanya percepatan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada, maka pada saatnya nanti mau tidak mau semua akan terkena dampaknya.

 

Permasalahannya adalah apakah kita sudah siap dan dapat menghadapinya ?

 

Menurut saya dalam perkembangan situasi yang serba cepat ini, kita lebih baik bersikap mengantisipasi sebelumnya, karena hanya bersikap reaktif saja pada saatnya nanti pasti akan terlambat.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*