Intan Dalam Debu – the web

BERDARMAWISATA SAMBIL MENCARI HOGIE

Posted by adminidb July 16, 2013, under Volume 6 | No Comments





BERDARMAWISATA SAMBIL MENCARI HOGIE

Oleh : Jing-Jing (Surabaya)

 

Diawal-awal tahun 2000 ini, memasuki tahun Naga yang banyak diyakini orang akan banyak mendatangkan HOK GIE, maka kami serombongan TAO YU Surabaya dan Sidoarjo telah mengadakan suatu perjalanan wisata yang cukup unik. Tepatnya pada tanggal 13 Februari 2000 yang lalu, kami mengunjungi dan bersembahyang ke tujuh Kelenteng Tridharma yang berada di tujuh kota sekitar Surabaya. Perjalanan ini dilakukan karena menurut kepercayaan dapat mengurangi CIONG (kenaasan) bagi orang-orang yang kebetulan mempunyai SHIO yang CIONG pada tahun ini.

 

Perserta perjalanan kali ini ternyata cukup disiplin walaupun  SE FU tidak ikut, kami berangkatpukul 07.00 langsung ke tujuan pertama yaitu elenteng di Mojokerto. Sampai disana, kami disambut dengan hangat oleh pengurus setempat. Setelah selesai sembahyang kami segera melanjutkan perjalanan ke kota Jombang. Dalam bis kami masih sempat menikmati kue-kue yang disediakan pengurus Tridarma Mojokerto.

 

Waktu menunjukkan pukul 11.00, ketika kami sampai di kelenteng kota Jombang. TAO YU-TAO yu setempat sudah menunggu dan menyambut dengan hangat dan penuh keakraban. Selesai sembahyang kami beramah-tamah dengan tuan rumah. Berhubung masih harus melanjutkan perjalanan ke beberapa tempat lagi maka segera kami berpamitan.

 

Selanjutnya kami mengunjungi kelenteng di daerah Gudo-Jombang. Disana kami punya waktu cukup panjang , selesai sembahyang kami makan siang sambil beristirahat dan menikmati pemandangan indah bernuansa khas negeri TIONGKOK. Menariknya ditempat ini terdapat sebuah kolam yang dipenuhi ikan-ikan raksasa.

 

Kelenteng keempat yang kami kunjungi berada di kota Kertosono. Sebuah kelenteng kecil yang mampu membuat hampir semua dari kami berlinang air mata. Mau tahu sebabnya ? Habis asapnya tebal banget ! Begitu selesai sembahyang kami langsung melanjutkan lagi perjalanan.

 

Sekitar pukul 15.00, rombongan kami tiba di kota Nganjuk. Disini kedatangan kami disambut oleh pengurus setempat tidak sehangat tempat-tempat lainnya, tapi ada suatu yang unik yaitu ada altar Raja Semut yang berbentuk seperti sebuah Gua Semut.

 

Sebenarnya tujuan kami selanjutnya adalah kota Kediri, karena suatu hal maka kami langsung menuju kota Tulungagung dulu. Disini kami kembali mendapatkan sambutan yang hangat dan akrab dari pengurus tridharma setempat.

 

Setelah bersembahyang maka kami berpamitan untuk kembali ke kota Kediri.

 

Tiba di kota Kediri waktu sudah menunjukkan pukul 17.30. Di kelenteng kota Kediri ini kedatangan rombongan kami diterima bagaikan keluarga sendiri oleh pengurus  Tridharma dan juga TAO YU setempat. Setelah sembahyang kami sempat beristirahat sambil menikmati hidangan santap malam yang telah disediakan. Kami juga sempat beramah tamah sambil berjalan-jalan melihat keadaan di sekeliling kelenteng. Di kelenteng ini salah satu kegiatan mereka adalah pelajaran bahasa Mandarin baik untuk anak-anak maupun dewasa yang semuanya tidak dipungut biaya. Sebelum meninggalkan kota Kediri pada pukul 18.30, kami juga menyempatkan diri untuk memborong oleh-oleh khas Kediri yaitu Tahu.

 

Dalam perjalanan pulang ke Surabaya, kami sempat dikagetkan oleh pak sopir yang menghentikan bis nya di depan sebuah warung. Eh..... ternyata bannya bocor. Nah sambil menunggu kami ngopi-ngopi dulu diwarung.

 

Akhirnya perjalanan yang cukup melelahkan ini berakhir juga, kami tiba di Surabaya pada pukul 23.00 dengan hati yang puas karena perjalanan ini sangat menyenangkan dan berkesan. Dalam perjalanan seperti ini kami mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan , bisa kumpul-kumpul lebih akrab dan tambah kenalan, selain itu khan juga untuk mengurangi CIONG dan tentu saja semoga dapat HOK GIE nya juga, dong ! Nah diakhir kata, kami semua berharap semoga TAO YU - TAO YU yang lain juga dapat mengadakan perjalanan seperti ini, selain HOK GIE nya manfaat yang lainnya juga pasti banyak.

 

Samapi jumpa..........!!!

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*