Intan Dalam Debu – the web

Bravo untuk para TAO YU Semarang !

Posted by adminidb July 14, 2013, under Volume 6 | No Comments




Bravo untuk para TAO YU Semarang !

Oleh : S K Tan – Surabaya

 

Tanggal 26 Maret 2000 merupakan hari yang penuh makna khususnya bagi para Tao Yu Semarang dan para TAO YU sekalian pada umumnya, karena terhitung sejak hari ini para TAO YU dapat mewujudkan impiannya memiliki altar yang khusus diperuntukkan bagi Maha dewa THAY SANG LAUW CIN, ERL LANG SEN, dan CIU THIEN SIEN NIE di tempat ibadah TAY KAK SIE, gang lombok 62 Semarang.

 

Prosesi penempatan altar Maha Dewa berjalan sangat lancar. Diawali dengan doa bersama antara pihak Yayasan TAY KAK SIE dan para TAO YU Semarang, untuk memohon berkat dan restu dari Thian Kong dan para Dewata. Sementara itu di luar tempat ibadah telah menanti para TAO YU yang telah menyiapkan diri dengan membawa patung Maha Dewa, ERL LANG SEN, CIU THIEN SIEN NIE, selain itu diikuti pula oleh barisan para TAO YU yang membawa buah-buahan. Tak ketinggalan pula ERL LANG SEN yang diperankan oleh salah satu TAO YU, juga CIU THIEN SIEN NIE yang diperankan oleh TAO YU, baik kostum yang dikenakan maupun tata riasnya tidak jauh dari kondisi aslinya. Ini tentu saja tidak terlepas dari profil pemegang peran maupun penata kostum serta penata riasnya. Selesai doa bersama, secara resmi patung Maha Dewa THAY SANG LAUW CIN, ERL LANG SEN beserta CIU THIEN SIEN NIE diserahkan pada Yayasan TAY KAK SIE, yang selanjutnya akan diserahkan pada SE FU yang telah menunggu di altar yang telah disediakan. Acara selanjutnya adalah KHAI KHUANG oleh SEFU yang diikuti dan disaksikan oleh lebih kurang tiga ratus TAO YU dari berbagai daerah. Antusiasme dari para TAO YU dapat dirasakan ketika menyanyikan lagu-lagu pujian, dengan gegap gempita dan bersemangat mereka menyanyikan lagu-lagu pujian tersebut.

 

Demikian juga acara ini mendapat sambutan yang cukup positif dari pihak Yayasan, dalam hal ini terasakan dan tersirat dari kata sambutan yang diberikan oleh Bapak ketua Yayasan TAY KAK SIE.

 

Selesai mendengarkan kata sambutan, para TAO YU diberikan kesempatan untuk mendapatkan ANG PAO yang dibagikan oleh duplikat ERL LANG SEN dan CIU THIEN SIEN NIE.

 

Dengan gembira dan berbaris tertib para TAO YU, menantikan giliran untuk mendapatkan ANG PAO. Prosesi selesai penempatan altar diakhiri dengan pemilihan LO CU dan HU LO CU, yang bertanggung jawab terhadap altar Maha Dewa.

 

Dengan demikian sejak saat ini, di Semarang para TAO YU dapat berdoa pada Maha dewa di altar khusus yang diperuntukkan Dewata junjungan TAO.

 

Bravo untuk para TAO YU Semarang dan semoga apa yang masih menjadi angan-angan segera menjadi kenyataan.

 

Salam TAO.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*