Intan Dalam Debu – the web

SETIAP HARI DALAM TAO

Posted by adminidb July 13, 2013, under Volume 6 | No Comments




SETIAP HARI DALAM TAO

Oleh : Daniel

 

Seperti sudah kita ketahui bahwa Tao itu begitu Agug. Kebesarannya seakan tak mampu tercernakan oleh siapapun. Sebagai insan Tao yang sedang menggembleng diri dalam proses internalisasi diri kedalam Tao, maka keseharian hidupnya pun harus bisa mengikuti keselarasan dan keseimbanganNya.

 

Jika dikatakan bahwa ajaran Tao itu tidak ada patokannya, maka saya dapat mengatakan bahwa memang benar juga. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing sehingga pasti akan menjadi berbeda dengan yang lain. Masing-masing dalam keseluruhan akan dapat berjalan jika ada keselarasan dan keharmonisan mengikuti Tao, sehingga menjadi manusia yang arif, bijaksana dan bajik sehingga mendapatkan tingkatan Tao yang tinggi. Aktualisasi dalam kehidupan sehari-hari biasanya selalu dalam bentuk keputusan-keputusan “bijaksana” (kebijaksanaan) yang memang tidak dapat dibuat patokannya secara kaku, hal ini karena kompleksitas sosial yang tinggi sehingga akhirnya ada relatifitas yang bervariasi juga. Inilah keunikannya ajaran Tao yang universal itu, didalamnya memang tersimpan jalan dan berbagai kaidah-kaidah moral yang dapat membawa kita kedalam sikap hidup yang arif, bijak dan bajik.

 

Tapi jika sebaliknya ditanyakan apakah Tao itu ada patokannya, tentu saja jawabnya “Ada dan memang sudah ada sejak awal Nya !” Pada suatu pencapaian taraf kesadaran yang relatif tinggi maka secara bertahap seseorang yang berhasil menginternalisasikan Tao kedalam dirinya (dibaca : menginternalisasi dirinya ke dalam Tao) akan mencapai suatu tingkat pandang yang sudah mendekati absolut. Keabsolutan ini tercapai secara sendirinya karena terbentuknya kesadaran yang tertata dalam sebuah framework yang komprehensif, sehingga secara otomatis pula akan sangat menyederhanakan pandangannya secara obyektif. Dalam keadaan ini baru bisa dirasakan dan dicerna bahwa memang Tao itu universal tapi juga sangat absolut dan ada patokannya / hukumnya.

 

Apabila kita memang sudah bertekad untuk menjalankan Tao dalam kehidupan sehari-hari maka adalah mutlak bagi kita untuk sepenuhnya “selalu sadar dan bersikap dalam gaya hidup Tao”.

 

Ada delapan hal yang dapat kita jadikan tips sebagai gaya hidup dalam Tao, yaitu sebagai berikut :

 

BERSAHAJA (Penuh Kesederhanaan)

Prinsip “Kosong” diatas segalanya merupakan dasar pola pemikiran yang melandasi sikap  bersahaja atau penuh kesederhanaan dari setiap insan Tao. Tentunya pemahaman dan penyerapan makna “Kosong” ini harus bisa mencapai ke tingkat yang relatif dalam, baru akan memberikan suatu penampakan sikap sehari-hari yang merendah seakan tak mampu dan tak punya sesuatu tapi justru memiliki suatu kekuatan yang demikian tingginya. Singkatnya walaupun “Kosong” tapi memiliki keberadaan yang tidak pernah tenggelam dan pupus.

SENSITIF DAN TANGGAP.

Memiliki tingkat kepekaan, kemampuan indra dan antisipasi yang tinggi kesegala arah serta dalam segala tingkat sosial yang ada. Seorang insan Tao yang sensitif dan tanggap, akan mempunyai kemampuan prediksi dan reaksi yang berakurasi tinggi serta mempunyai perhatian yang besar pada segala kondisi dan situasi disekitarnya.

 

FLEKSIBEL DAN LUWES

Salah satu gaya hidup yang merefleksikan Tao dalam diri seseorang adalah kemampuannya untuk selalu fleksibel dan luwes, baik terhadap lingkungan sosial maupun alam dimanapun juga berada.

 

MANDIRI

Selain itu seorang yang menjiwai Tao, sudah barang tentu harus memiliki kemandirian yang besar sehingga minimal tidak menjadikan dirinya beban bagi orang lain. Selalu memiliki kemampuan untuk berdikari dan mandiri baik secara fisik dan yang utama secara moral. Maka baru seseorang dapat mulai meningkatkan kapasitas dan tingkat kepeduliannya dalam membantu ke sekelilingnya dalam rangka menciptakan kemandirian lingkungan.

TERFOKUS (LURUS)

Salah satu ciri khas karakter seorang penganut Tao sejati adalah dapat selalu lurus sehingga mempunyai daya konsentrasi yang tinggi. Dalam kehidupan sehari-hari akan terlihat dari kemampuannya untuk memfokuskan diri pada jalannya sehingga akan lebih muda mencapai suatu hasil yang optimal.

BER-ETIKA TINGGI

Etika (sopan santun) yang tinggi dalam berkomunikasi maupun bersikap adalah menjadi salah satu bagian dari standar hidup yang sangat dianjurkan dalam Tao. Sehingga seorang yang menjalani kehidupan dalam rel Tao akan terlihat begitu bercahaya dan bersih.

DISIPLIN DAN ULET

Orang Tao harus memiliki disiplin dan keuletan yang tinggi, sebab Tao sendiri menganjurkan kita untuk dapat hidup dalam keteraturan yang tentunya membutuhkan suatu tingkat disiplin yang tinggi serta keuletan dalam berusaha maupun mengejar kesempurnaanNya.

 

PENUH KEGEMBIRAAN

Hal ini sering terlupakan oleh banyak orang, bahwa kita mengarungi lautan kehidupan ini dalam jalan Tao haruslah atas kesadaran yang sepenuhnya dan harus selalu penuh dengan semangat kegembiraan . Justru dengan semangat kegembiraan inilah kita baru dapat mengerti dan menikmati hidup yang ada. Hanya dengan kegembiraan pula, yang akan selalu menjadi pemicu kita untuk terus aktif dan bergerak menuju ke kemajuan.

 

Kta sebagai seorang Taoyu pun diharapkan dapat menjalankan delapan gaya hidup Tao seperti diatas. Semoga tips ini bermanfaat demi kemajuan bersama dalam Tao.*****

 

Salam TAO.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*