Intan Dalam Debu – the web

Bahasa Mandarin : Sistem penulisan PINYIN

Posted by adminidb August 6, 2013, under Volume 7 | No Comments





Bahasa Mandarin : Sistem penulisan PINYIN

Intan Dalam Debu

 

Mandarin adalah bahasa yang sangat kaya akan kosa kata dan mendalam dalam pengertian-pengertiannya. Banyak istilah dalam bahasa Mandarin yang tidak dapat diterjemahkan begitu saja ke dalam bahasa asing lainnya. Oleh karena itu, mempelajari sejarah dan budaya Chinese akan sangat membantu pemahaman dan pembelajaran bahasa tersebut. Pemetaan kosa kata dari/ke bahasa Mandarin ke/dari bahasa asing lainnya tidaklah dapat menggunakan pemetaan secara langsung. Penggunaan tiap kata juga tergantung dari konteks dan suasana penggunaannya. Memang tidak mudah, tapi disini redaksi IDD mencoba untuk menyajikan sebuah kolom untuk membantu bagi para Taoyu mempelajari secara bertahap bahasa Mandarin, khususnya mengenai istilah-istilah yang berkaitan dengan Siu Tao kita.

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang terbesar ke-2 jumlah pemakaiannya di dunia. Ia termasuk salah satu dari 5 bahasa Internasional yang digunakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bahasa Mandarin yang digunakan sehari-hari memiliki beberapa nama: Hanyu (baca: han ? / bahasa Han), digunakan di RRC, sering disebut juga sebagai  Putonghua (baca : phu thung hua / bahasa umum) juga disebut Baihua (baca: pai hua / bahasa awam). Penyebutan dengan istilah Guoyu (baca: kuo ie / bahasa negara) digunakan khususnya di Taiwan. Bahasa Mandarin yang digunakan sehari-hari dapat disebut juga sebagai Putonghua, berbeda dengan bahasa sastra atau bahasa Mandarin Klasik yang sering disebut sebagai Wen yan wen (baca: wen yen wen / sastra). Setiap kata dalam Wen yan wen memiliki makna khusus yang bisa sangat berbeda dengan Putonghua, demikian pula berbeda dalam tata bahasa, dan cara penggunaan katanya. Wen yan wen sangat sulit digunakan dalam percakapan maupun dalam bentuk tulisan bahkan bagi mereka yang berbahasa mandarin sekalipun. Disini kita hanya akan mempelajari Putonghua secara sederhana saja.

Bahasa Mandarin yang secara Internasional digunakan saat ini adalah sistem yang digunakan di RRT, dengan sistem penulisan alfabet yang disebut Pinyin (baca: phin yin), berbeda dengan sistem yang digunakan di Taiwan yang disebut dengan Zhuyin (baca: cu yin) yang berupa lambang-lambang tersendiri. Di samping itu, terdapat juga sistem penulisan berdasarkan ejaan Kuo tzi jin piao (baca: kuo ci yin piao, misal: Tze, T’suan, C’hi, dsb).

Dikarenakan semakin mendunianya bahasa Mandarin, baik meningkatnya hubungan perdagangan dengan RRC dan hubungan Internasional lainnya, dan juga dengan bertambahnya jumlah buku-buku, majalah, maupun web-site yang berbasiskan bahasa Mandarin Internasional, dan juga mengingat berkembangnya Tao secara luas maka menguasai cara membaca tulisan dan pengejaan dengan sistem Pinyin, yang dipakai secara Internasional dirasakan sangat perlu.

Pada pelajaran kali ini, kami ingin memperkenalkan sistem penulisan Pinyin, dimana akan digunakan sebagai patokan penulisan pada pelajaran-pelajaran mendatang. Untuk mengerti cara pengucapan yang benar, kami sarankan untuk bertanya / menghubungi guru bahasa Mandarin atau pun kawan yang mampu berbahasa tersebut.

 

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*