Intan Dalam Debu – the web

Berita : Hari Kebesaran DEWA KWAN SEN TEE (KWAN KONG)

Posted by adminidb August 3, 2013, under Volume 7 | No Comments





Berita : Hari Kebesaran DEWA KWAN SEN TEE (KWAN KONG)

Oleh : Heng-Heng

 

Di Sanggar Agung – Surabaya

 

Pada tanggal 24 bulan 6 Imlek, tepatnya pada tanggal 25 Juli 2000, di Wihara Sanggar Agung Surabaya diadakan upacara Hari Kebesaran Dewa KWAN SEN TEE (KWAN KONG). Upacara dipimpin langsung oleh Sefu yang didampingi oleh Bapak Setiadi selaku pimpinan pengurus Sanggar Agung beserta istri dan dua orang sesiung.

 

Upacara dimulai dengan pengambilan patung Dewa KWAN SEN TEE dari dalam Sanggar Agung untuk dibawa ke altar sembahyang tempat dilakukannya upacara, setelah itu dilakukan pembacaan Sien Su Cou oleh salah seoung dan kemudian pembacaan Sang Siang Can oleh Sefu dan selanjutnya dilakukan sembahyang bersama oleh seluruh umat yang mengikuti upacara. Upacara dilanjutkan dengan pemberkatan air ( fak sui ) yang langsung dilakukan oleh Sefu di tempat dan pembuatan sepuluh lembar Hu yang juga langsung dilakukan Sefu di tempat dilakukannya upacara, kemudian diteruskan dengan menyanyikan  lagu KWAN SEN MIAU CE KE (NYANYIAN KWAN KUNG) dan beberapa lagu Tao lainnya.

 

Setelah upacara selesai, diadakan pembagian makanan dari pihak sanggar Agung dan buah-buahan sebagai simbol berkah dari dewa KWAN KUNG, yang dibarengi juga dengan pembagian Fak sui bagi umat yang meminta. Upacara ini diadakan untuk umum, jadi banyak sekali umat-umat yang bukan Taoyu juga hadir untuk mengikuti upacara, apalagi pada saat pembagian faksui, banyak umat yang meminta sampai akhirnya dibuat “pagar betis” oleh beberapa petugas berjubah kuning, abis faksuinya untuk multi fungsi sich.....!, bisa minta untuk penyembuhan sakit, pekerjaaan ataupun biar cepat dapat jodoh (!?!).....de el el ( ssstt.....bagi yang ngga hadir, jangan iri ya....he....he.....he........!!!)

 

Pembagian Hu jumlahnya Cuma 10 lembar, diundi dan yang terpanggil masih harus “pak pui” dihadapan patungDEWA KWAN KUNG. Lucunya saat diundi, banyak Huang I yang terpanggil, tapi saat “pak pui”, eh....ngga dapet. Jadi, Dewa KWAN KUNG ngga ada unsur KKN lho. He...he... Setelah pembagian 10 lembar Hu kepada para umat yang berhak mendapatkan, upacara ditutup dengan pengembalian Dewa KWAN SEN TEE (KWAN KUNG) ke dalam altar sembahyang Dewa KWAN KUNG dalam Wihara Sanggar Agung.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*