Intan Dalam Debu – the web

Berita : Perayaan Hari Kebesaran Maha Dewa Thay Sang Lauw Cin Di Lampung

Posted by adminidb August 3, 2013, under Volume 7 | No Comments





Berita : Perayaan Hari Kebesaran Maha Dewa Thay Sang Lauw Cin Di Lampung

Dari Taoyu : Lampung

 

Imlek 15-05-2551 atau tepatnya 16 Juni 2000 jam 19.00 waktu Lampung, kami menyelenggarakan upacara memperingati hari kebesaran Maha Dewa Thay Sang Lauw Cin. Taokwan penuh sesak oleh taoyu-taoyu maupun umat biasa yang ingin mengikuti jalannya upacara. Dan yang teristimewa karena malam tersebut hadir beberapa orang tamu dari Jakarta diantaranya Bapak Nurdin Purnomo.

 

Sebelum upacara dimulai, tamu ( Bp. Nurdin P. cs disambut dengan lagu Yin Cia Ping, dan dilanjutkan dengan sembahyang di altar Yi Huang Ta Ti yang diwakilkan oleh : Bp Nurdin Purnomo. Suasana hening seketika, yang terdengar Cuma aba-aba, i pai, erl pai, san pai. Dari altar Yi Huang Ta Ti, rombongan khusus ini menuju altar Sien Thien San Ti, lalu Tridharma.

 

Didepan maha Dewa Dai Sang segenap hadirin, baik Taoyu-taoyu maupun tamu-tamu, bersama-sama memanjatkan pujian San Siang Can, yang dikomandoi oleh Sesiung Liauw Kwok Lung.

 

Pujian kepada Maha Dewa Yhay Sang Lauw Cin melalui Sang Siang Can, berjalan dengan penuh hikmat. Kata demi kata yang terucap melalui panduan pimpinan upacara terdengar sakral dan berwibawa. Terasa betapa besar kharisma Maha Dewa Thay Sang Lauw Cin dalam bait-bait kalimat yang diucapkan, apalagi saat-saat kita membaca cen yen  bersama dan ada yang sempat latihan sebentar.

 

Sungguh beruntung kita-kita, yang dapat mempelajari Tao Ying Suk ini. Karena hanya kita-kita inilah yang merasakan keagungan Maha Dewa secara langsung, sedangkan para tamu Cuma bisa sungkem sambil menunggu. Keadaan ini tidak berlangsung lama, karena acara dilanjutkan dengan saling memperkenalkan diri, baik dari Personil Pengurus Yayasan Suci Mulia maupun dari tamu rombongan Bp. Nurdin Purnomo. Dalam kesempatan ini Bp. Nurdin P, sempat memberikan sedikit kata-kata sambutan yang mana sangat respon dan siap membantu didalam perkembangan dan kemajuan Tao Ciao kita ini, khususnya Thay Sang Men kita.

 

Seperti lazimnya budaya Lampung, setiap hari besar khusus (Thay Sang, Erl Lang Sen, Ciu Thien Sien Nie), kami mengadakan acara makan bersama untuk mempererat rasa persaudaraan kita dalam perguruan kita, yang tentunya tak lupa kami mempersilahkan tamu agung kita ikut serta mencoba masakan-masakan hasil sajian dari ibu-ibu Ching Cing Kung ini.

 

Rupanya rombongan Bp. Nurdin P tidak dapat hadir terlalu lama, karena sebelum pukul 21.00 rombongan pamit, untuk kepentingan mereka. Kami sangat gembira dan berterima kasih atas kunjungan dari rombongan Bp. Nurdin P cs, moga-moga dilain kesempatan kesempatan dapat mengunjungi Tao Kwan kita lagi.

 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Ciang Tao serta Door Prize. Untuk Door Prize tahun ini, hadiah-hadiah mayoritas disabet oleh daerah Metro, 80% hadiah diborong oleh mereka, termasuk patung Thay Sang (hadiah utama).

 

Acara berakhir tidak terlalu malam, sekitar 21.30 kami meninggalkan Tao Kwan dan pulang ke rumah masing-masing dengan rasa senang, gembira dan bermacam-macam kesan-kesan, teristimewa yang sempat foto-foto bersama dengan BP Nurdin cs. Ada yang mencetak 10R untuk kenang-kenangan kebanggaan dan memang banyak yang membuat foto 10R (karena bisa foto bareng ketua PBI) Bangga nich ye!!!

 

Sekian dahulu, Salam dalam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*