Intan Dalam Debu – the web

Fisik Dan Mental Sama Pentingnya

Posted by adminidb August 6, 2013, under Volume 7 | No Comments





Fisik Dan Mental Sama Pentingnya

Intan Dalam Debu

 

Seseorang hidup dalam dunia, bila tidak bisa memupuk jati dirinya, maka akan gampang sesat, mana mungkin dapatkan kesempurnaan ? Maka, SIU TAO itu yang penting adalah mengasah batinnya. Yang disebut batin adalah merupakan pusatnya manusia , dia mengendalikan manusia itu sendiri, dia menanam apa maka juga akan menuai apa : seperti menanam padi akan menuai padi, menanam kedelai akan menuai kedelai.

Lalu, ladang batin itu sebaiknya ditanami apa? Dahulu tidak ngerti TAO, maka dalam batin selalu ditumbuhi macam-macam pikiran yang ngga-ngga, misalnya : benci, egois, dll. Seperti ladang yang ditumbuhi rumput-rumput tak berguna, apakah tidak lebih baik rumput-rumput yang tak berguna itu dibabat / dipotong semua, apakah tidak lebih baik ditanami bibit-bibit yang baru, yang baik dan diberi pupuk pula? Supaya bisa tumbuh dengan subur dan baik.

Sebenarnya badan kasar kita itu juga merupakan yang tidak asli, sewaktu-waktu bisa saja rusak dan roboh. Tapi SIU TAO harus juga melalui (pinjam) badan yang tidak kekal itu, kalau badan tidak kekal itu kurang sehat, mana mungkin dapat hasil ?

Sang jasmani tidak dibenahi, hanya timbul saja keinginan yang rakus, dll.; maka gampang / mudah kehilangan jati dirinya, apalagi dengan pikiran-pikiran yang kurang sehat, maka yang diperbuat pastilah menjauh dari TAO, kalau sudah jauh dari TAO, maka perbuatan-perbuatan orang tersebut akan gampang jadi suatu kedosaan, kalau sudah berdosa terus mana mungkin dapatkan TAO-nya?

Dari awal badan kasar dengan batin sudah menyatu dan saling mempengaruhi. Andaikata jelek dulu batinnya, maka akunya juga akan jelek dan tidak bisa mendapatkan apa-apa dalam TAO-nya. Maka kita yang SIU TAO juga harus membenahi fisik dan mental secara bersamaan, diperkuat, supaya hasilnya memuaskan. Hanya begitulah kita hidup bisa merasa bahagia dan banyak kawan dimana-mana.

SIU TAO jangan pincang, fisik dan mental dua-duanya ditatar, digembleng, itulah yang benar.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*