Intan Dalam Debu – the web

Ringkasan : TAO yang praktis

Posted by adminidb August 5, 2013, under Volume 7 | No Comments





Oleh : Akim-Jambi

 

Bisa dikatakan hampir semua umat manusia di dunia ini adalah umat beragama yang masing-masing mengakui adanya Tuhan.

Tao adalah ajaran Berketuhanan Tertua di dunia yang sudah mengakui adanya Tuhan yang maha Esa. Sejak ribuan tahun sebelum masehi. Tao berkembang pesat di daratan Tiongkok kemudian menyebar dan berkembang ke seluruh penjuru dunia, misalnya Singapore, Malaysia, Thailand, Hongkong, Amerika, Inggris, Jepang dan Indonesia.

Tao adalah satu unsur Tri dharma yang meliputi Budha, Kong Hu Cu dan Tao.

Tao memiliki arti dan pengertian yang luas sekali dan dalam. Hanya dengan kesadaran dan nalar yang tinggi baru bisa dipahami. Tao adalah yang teragung. Karena Tao menerangi, memberi jalan yang terang dan menolong umat manusia dari kegelapan. Tao ada di mana saja.

Tao tersebut sebenarnya menunjukkan kesangat-sederhanaannya. Tao dapat bersifat sederhana maupun sangat kompleks. Semuanya tergantung bagaimana cara memandangnya. Tao itu memang tak terbatas. Jika demikian, lalu bagaimana mungkin Tao itu dapat dijelaskan secara keseluruhan. Tentunya untuk menjelaskan dan mengerti keseluruhan Tao secara langsung boleh dibilang tidak mungkin. Tapi bukan berarti Tao tidak dapat dibicarakan atau diajarkan untuk dapat mengertinya.

Dengan cara diskusi dapat pemahaman yang luas tahap demi tahap yang semakin mengerti dan paham mengenai ajaran Tao.

Tao juga bersifat sangat alamiah dan universal untuk lebih mendalami dan mengerti kita bisa lebih mudah menangkapnya dengan pemahaman-pemahaman dan pengertian dari hal-hal sehari-hari yang bersifat praktis dengan mengikuti perkembangannya.

Tao itu mempunyai sifat yang unik sampai yang benar-benar nyata.

Tao menitikberatkan pada kealamiahan, rendah hati, maka Tao dapat hidup dan diakui secara luas. Tapi tidak pernah meninggalkan sifat alamiahnya.

Belajar Tao (Siu Tao) bertujuan jati diri yang asli (sukma sejati) menuju kesempurnaan mengenai pemahaman Tao bagi kita. Cara yang realitas untuk mengejar kesempurnaan melalui Siu Tao secara alami maka tidak terlambat dalam belajar Tao.

Siu Tao adalah kunci menemukan jalan yang benar, mengerti apa yang baik dan dijalani. Belajar TAO barulah tak akan sesat lagi. Penghidupan sehari-hari mengikuti yang lazim dan biasa. Karena TAO yang jujur mengandung kebenaran. Mengerti ajaran TAO keluarlah dari kebingungan.

SIU TAO mempelajari kekuatan gaib untuk menolong, keluar dari kesesatan manusia. SIU TAO juga belajar kekuatan TAO FAK. Ketemu cara belajar dekati Dewa (TAO).

TAO YING SUK adalah ilmu TAO yang mulia, merupakan kunci dalam SIU TAO. Mendapatkan guru dan pembimbing sejati.

TAO YING SUK adalah bagaikan sebuah pusaka. Tujuan TAO YING SUK adalah untuk menyehatkan dan memperkuat jasmani dan rohani sehingga panjang umur menuju kesempurnaan.

 

AMAL (KUNG TEK)

Amal brbuat baik adalah hal yang penting dan yang diajarkan dalam TAO (SIU TAO). Berbuat amal memang terlihat nyata sebagai tindak kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita. Tapi sebenarnya berbuat amal baik itu adalah kebaikan dan keuntungan kita sendiri. Demikian ringkasan di atas dalam sudut pandang saya secara ringkas dan praktis serta garis besarnya. Tentunya masih banyak lagi pemahaman-pemahaman yang kita perlukan untuk mencapi suatu kesempurnaan akan tetapi hanyalah dengan suatu penerapan yang dilakukan penuh “kesadaran’lah yang akan menyatukan diri kita dengan TAO secara alami.

 

Cahaya TAO sinari semua manusia.

Hiduplah kebenaran sepanjang masa.

Salam TAO....!!!

 

Oleh : Akim-Jambi

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*