Intan Dalam Debu – the web

Kilas Info (th 2001) : PAGUYUBAN UMAT TAO INDONESIA (PUTI)

Posted by adminidb October 11, 2013, under Volume 8 | No Comments





Kilas Info (th 2001) : PAGUYUBAN UMAT TAO INDONESIA (PUTI)

Intan Dalam Debu

 

Berdirinya Paguyuban Umat Tao Indonesia, banyak mendapatkan respon terutama dari kalangan Taoyu. Banyak timbul pertanyaan mengenai keberadaan PUTI ini merupakan suatu tanggapan yang wajar yang kami rasa sebagai sebuah ekspresi sikap untuk mengetahui lebih banyak dan dalam mengenai PUTI.

Dalam kesempatan ini, sekretariat PUTI PUSAT berusaha menginformasikan hal-hal mengenai PUTI ini terutama untuk kalangan Taoyu.

PUTI didirikan dengan latar belakang inisiatif beberapa aktifis Taoyu yang merasakan perlunya sebuah badan (organisasi) Tao untuk mengantisipasi perkembangan Tao kita yang semakin besar dan memerlukan sebuah wadah resmi untuk menampung semua aspirasi gerak serta menjadi perwakilan dalam berhubungan keluar, baik dalam aspek sosial maupun dalam aspek hukumnya.

PUTI adalah sebuah organisasi yang berbentuk Paguyuban, sehingga bersifat sangat kekeluargaan dan bebas dalam menjadi wadah bagi seluruh umat Tao di Indonesia. Oleh karena itu secara otomatis semua umat Tao dapat menjadi anggotanya.

PUTI adalah organisasi yang bersifat sosial (bukan politik) selain itu PUTI tidak mencampuri urusan para anggotanya dalam permasalahan ibadah (siutao)nya. PUTI hanya berusaha menjadi sebuah wadah tempat bernaung serta bersatunya umat Tao di Indonesia.

Berdirinya PUTI dengan kepengurusan Pusatnya di Jakarta ini, sampai saat ini telah disukung para Taoyu di berbagai daerah dengan berdirinya PUTI Daerah, antara lain:

  1. PUTI Daerah Jakarta, tanggal 10 Oktober 2000
  2. PUTI DaerahLampung, tanggal 28 Oktober 2000
  3. PUTI Daerah Mojokerto, tanggal 14 November 2000
  4. PUTI Daerah Jombang, tanggal 8 Desember 2000
  5. PUTI Daerah Surabaya, tanggal 21 Desember 2000
  6. PUTI Daerah Jambi, tanggal 24 Desember 2000
  7. PUTI Daerah Bali, tanggal 11 Januari 2001
  8. PUTI Daerah Kediri, tanggal 21 Januari 2001
  9. PUTI Daerah Semarang, tanggal 3 Februari 2001
  10. PUTI Daerah Kedu, tanggal 4 Februari 2001

Kami sangat mengharapkan terutama adanya sumbangsih partisipasi serta dukungan dari seluruh umat Tao yang ada di Indonesia terutama para Taoyu secara khususnya dalam rangka mencapai tujuan PUTI yang bervisi Bersatu Menuju Kesempurnaan ini.

Kegiatan:

Pada tanggal 4 dan 5 Februari 2001 yang lalu, beberapa pengurus PUTI pusat juga telah melakukan perjalanan kunjungan ke daerah Semarang dan Temanggung dalam rangka menghadiri malam keakraban Taoyu se-jateng menyambut Tahun Baru Imlek 2552 yang diadakan di Temanggung. Acara yang diselenggarakan Taoyu Temanggung ini berlangsung dalam suasana keakraban yang meriah.

Dalam menyambut hari raya Imlek 2552 yang lalu, PUTI daerah Jambi bersama seluruh umat Taoyu Jambi pada tanggal 20 Januari 2001 telah mengadakan kegiatan sosial dengan memberikan bingkisan alat tulis dan alat olahraga kepada 400 orang murid di Sekolah Dasar Negeri 207 Jambi.

Diputuskan untuk membantu sekolah ini, karena selain lokasinya dekat dengan Tao Kwan Jambi, juga karena banyak murid-muridnya berasal dari keluarga yang masih kurang mampu.

Sambutan yang diterima sangat baik, pihak sekolah merasa sangat terharu karena tidak menyangka bahwa justru pada hari raya Imlek ini mereka diajak untuk ikut merasakan kegembiraan yang sedang kita rayakan. Ini membuktikan bahwa umat Tao sangat besar kepeduliannya trhadap lingkungan sekitarnya.

Sambutan dari para Taoyu juga sangat antusias, karenanya banyak Taoyu yang membuka dompet dan menyumbangkan isinya. Kegiatan sosial ini memang sangat tepat dan bermanfaat, sehingga semua Taoyu Jambi sangat mendukung dan percaya terhadap kegiatan PUTI daerah Jambi dan Yayasan Dewa agung Jambi.

Biarpun demikian, sesuai dengan hakekat Siutao, maka para pengurus PUTI daerah Jambi dan Yayasan Dewa Agung Jambi justru dituntut untuk selalu mawas diri dan belajar supaya bisa berbuat yang lebih baik lagi dalam melayani Tao dengan penuh keikhlasan.

Demikian sekelumit informasi kegiatan para Taoyu di Jambi, Taoyu Jambi juga selalu membuka tangan untuk menerima dukungan dan kerjasama dari Taoyu daerah lainnya.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*