Intan Dalam Debu – the web

Emosi : Rasio

Posted by adminidb November 28, 2013, under Volume 9 | No Comments





Emosi : Rasio

Oleh : Ku Kok Hui – Bali

 

Manakah yang lebih penting antara keduanya ? Kedua-duanya sama pentingnya bagi manusia, manusia tanpa emosi adalah benda, manusia tanpa rasio adalah hewan.

Sekarang hanya seberapa besar kadar komposisi dari Emosi : Rasio yang ada dalam diri tiap manusia.

Emosi adalah sifat yang kita miliki baik itu positif atau negatif. Emosi positif seperti : cinta, kasih, sayang, rasa, seni, dsb. Emosi negatif seperti: marah (cenderung pemarah), arogan, iri hati, benci, dendam, dsb.

Rasio adalah nalar/akal sehat yang memungkinkan manusia lebih dari makhluk lainnya. Rasiopun dapat positif maupun negatif. Rasio positif bersifat membangun sedang rasio negatif bersifat jahat/merusak, baik itu untuk diri sendiri maupun kepada orang lain / lingkungan.

Sebagai manusia komposisi mana yang paling sesuai dengan diri kita ?

  1. Emosi > Rasio
    Perlukah kita menuruti emosi secara berlebihan ? Sekarang kalau kita selalu mengutamakan emosi dari pada nalar apa bedanya dengan hewan? Karena hewan lebih mengutamakan emosi/naluri/insting. Bisakah kita belajar bijaksana kalau Emosi > Rasio ?
  2. Emosi = Rasio
    Pada tingkat ini terjadi keseimbangan antara emosi & rasio. Mungkin kita akan menjadi manusia yang lebih manusiawi. Tetapi disini mungkin pula akan terjadi konflik batin yang kadar antara emosi dan rasio sama besar, sehingga masing-masing memiliki kepentingan yang sama.
  3. Emosi < Rasio
    Inilah tingkat yang paling ideal bagi kita manusia. Pada tingkat ini kita dapat pegang kendali terhadap masalah yang timbul dari luar diri kita / lingkungan.

Disini kita akan banyak belajar untuk matang, dewasa dan lebih bijaksana.

Akhirnya dalam kaitannya dengan SIU TAO kita yang sangat menekankan “WU””, hanya maukah kita untuk dapat berusaha maju menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Semuanya berpulang pada diri sendiri.

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*