Intan Dalam Debu – the web

Huang Ie Selayang Pandang

Posted by adminidb November 21, 2013, under Volume 9 | No Comments





Huang Ie Selayang Pandang

Oleh : Wu Sin – Jambi

 

Sampai sekarang sudah beberapa kali diadakan Huang Ie Cik Hui dan juga sudah banyak Tao Yu yang berhasil mendapat Huang Ie baik tingkat I maupun tingkat II.

 

Tapi apakah kita sudah mengetahui makna-makna dan tujuan terpenting setelah mencapai Huang Ie tingkat III. Namun banyak yang belum paham, buktinya:

-          Ada Tao Yu yang sudah Huang Ie merasa dirinya sudah top / lebih hebat dari Tao Yu yang lain, sampai lupa dengan Cuen Se Cung Tao.

-          Ada Tao Yu yang menghalakan segala cara untuk mendapatkan Huang Ie namun akhirnya ketahuan juga.

-          Ada Tao Yu yang sengaja membuat Huang Ie sendiri.

-          Ada Tao Yu yang justru membuang Huang Ie yang sudah diperoleh dengan susah payah karena kebodohan dan keangkuhan, dsb.

 

Mengapa ini semua bisa terjadi ? Apakah Dai Sang Lao Cin salah menilai Tao Yu yang ingin ujian mendapat Huang Ie ?

 

Jawabannya jelas Dai Sang Lao Cin tidak salah menilai. Ini semua terjadi pasti ada maksudnya / Tien Chi (Rahasia Langit), namun kalau kita bisa sedikit rendah hati untuk Wu, maka tidak akan sulit untuk menemukan titik terangnya.

 

Sekarang kembali lagi, apa sih sebetulnya makna / tujuan terpenting dari Huang Ie itu ? Bagi saya pribadi memang mendapat Huang Ie itu menunjukkan bahwa kita sudah melalui beberapa proses dalam belajar Tao (Siu Tao), tapi yang terpenting bagi saya: Mendapat Huang Ie berarti secara rendah hati dan tulus ikhlas kita siap menjadi “PELAYAN”

 

Loh koq PELAYAN ? Memang betul pelayan, artinya kita siap melayani Tao Yu-Tao Yu lainnya demi kepentingan TAO. Coba bayangkan bila belum mendapat Huang Ie kan tidak boleh ikut membantu upacara Pao Un dan upacara keagamaan lainnya. Tentu saja pelayan yang satu ini adalah pelayan yang paling mulia, karena dengan mendapat Huang Ie berarti kita juga mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk berbuat Kung Tek, amal kebajikan Tao lainnya. Asalkan....yaitu tadi .....siap melayani demi TAO.

 

Menjadi contoh teladan bagi Tao Yu yang lain juga termasuk melayani kepentingan Tao. Sedangkan kita melihat sendiri biarpun sama sudah tingkat Huang Ie, ada Huang Ie yang bermutu tinggi tapi ada juga Huang Ie yang bermutu sontoloyo. Karena itu Tao Yu yang sudah mencapai tingkat Huang Ie harus punya mental siap jadi “PELAYAN” yang rendah hati dan tulus ikhlas, dengan demikian kita akan selalu siap membantu orang lain , menghargai orang lain, tidak sombong, dan selalu siap belajar untuk meningkatkan kwalitas diri sendiri.

 

Sebetulnya saya melihat lebih banyak Tao Yu yang sudah punya mental “PELAYAN” yang mulia ini dari pada Huang Ie yang sontoloyo, misalnya di Jambi, Lampung, Jakarta, Surabaya dan daerah lainnya, tapi ya jangan berhenti untuk berusaha untuk meningkatkan kwalitas diri sendiri, supaya TAO kita bisa lebih berjaya lagi.

 

Wu Sin – Jambi

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*