Intan Dalam Debu – the web

Kelenteng.com

Posted by adminidb November 23, 2013, under Volume 9 | No Comments





Kelenteng.com

Oleh : Setyono Budhy - Salatiga

 
Kelenteng.com
Keberadaan kelenteng tidak bisa dipisahkan dari kita, karena kelenteng adalah tempat umat Tao bersembahyang. Dimana kita dengan sepenuh hati memanjatkan doa kepada Dewa-Dewi.

Namun sangat disayangkan karena sampai saat ini tidak banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai kelenteng baik sejarah, lokasi, foto, dan informasi lainnya, terlebih untuk kelenteng yang bukan berada di daerah dimana kita tinggal.

Oleh karena itu sebagai Taoyu kita tentunya tidak boleh hanya berdiam diri mengetahui keadaan ini. Memang mengumpulkan begitu banyak informasi mengenai kelenteng adalah sebuah pekerjaan yang panjang dan melelahkan, namun perjalanan ribuan mil selalu bermula dengan langkah pertama.

Karena itulah dibuat sebuah tempat dimana informasi kelenteng yang telah berhasil dikumpulkan dan yang sedang dikumpulkan dapat dilihat secara langsung dari manapun dan kapanpun juga. Media yang mendukung hal ini adalah media internet.

Tempat berkumpulnya informasi itu bernama Kelenteng.com, dan dapat diakses pada http://www.kelenteng.com

Meskipun tempat yang diinginkan telah ada, namun berbagai keterbatasan membuat informasi yang masih sedikit, sehingga sangat diharapkan partisipasi dari para Taoyu semua untuk membuat Kelenteng.com milik kita bersama itu menjadi semakin lengkap dan informatif dari hari ke hari.Beberapa contoh informasi kelenteng yang sudah ada adalah:

  1. See Hien Kiong – Padang
  2. Hok Tek Bio – Salatiga
  3. Tek Hay Kiong – Tegal
  4. Jin De Yuan – Petak Sembilan, Jakarta
  5. Da Bo Gong – Ancol, Jakarta
  6. Boen Tek Bio – Tangerang
  7. Hong Tek Hian – Jalan Dukuh, Surabaya
  8. Dan beberapa informasi kelenteng lainnya.

Jika anda mengetahui kelenteng yang belum terdaftar di Kelenteng.com, maka silahkan mengirimkan data-data tersebut.

 

Informasi yang dibutuhkan adalah:

  • Nama dan alamat pengirim informasi. Informasi ini hanya akan digunakan sebagai arsip dan tidak akan ditampilkan, kecuali nama pengirim.
  • Nama dan alamat kelenteng.

Nama kelenteng dapat ditulis secara alphabet, dan akan lebih bagus jika         disertakan aksara Mandarinnya. Alamat kelenteng harap selengkap mungkin, termasuk kode pos dan nomor telepon jika ada.

  • Foto kelenteng tersebut.

Yang terpenting adalah foto kelenteng dari depan. Foto yang lain akan semakin bagus juga jika disertakan.

  • Uraian mengenai kelenteng tersebut.

Bisa berupa sejarah kelenteng atau keadaan kelenteng tersebut. Dan dapat pula dengan menyertakan daftar Dewa-Dewi yang ada.

  • Lain-lain informasi yang dirasa akan berguna silahkan dikirimkan.

Semua data tersebut dapat dikirimkan ke alamat email: info@Kelenteng.com.

Alamat email diatas juga dapat digunakan untuk mengirimkan masukan, ide-ide baru, saran atau kritik membangun, yang selalu diharapkan dan ditunggu.

Selamat ber-kelenteng ria!

Perjalanan ribuan mil selalu bermula dari langkah pertama!

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*