Intan Dalam Debu – the web

PELAUT TUA

Posted by adminidb November 21, 2013, under Volume 9 | No Comments





PELAUT TUA

Oleh : Heng-Heng

 

Hidup kita ini laksana menyeberangi lautan yang besar, dalam perjalanan tak luput ditimpa hujan, angin, dan badai. Bagi seorang pelaut tua yang sudah berpengalaman, dia akan tahu apa saja yang akan dihadapinya, meskipun itu adalah ombak yang tinggi, angin yang kencang, ataupun hujan angin yang menakutkan dia akan tetap tenang, tidak gusar dan tidak gugup, melainkan erat-erat pegang kemudi kapal sehingga dapat lolos dari malapetaka.

Seorang pelaut yang belum pernah menghadapi hujan angin yang dahsyat, biarpun ceritanya indah dan masuk akal semua, tapi toh tetap bukan pelaut yang meyakinkan.

Pelaut yang pernah mengalami banyak derita dan selalu keluar dari maut, mau tak mau mereka menjadi lebih banyak pengertian dan wawasan juga nyalinya lebih besar, batinnya pun lebih tenang, karena mereka lebih megetahui sifat-sifat ombak laut, mengerti sifat-sifat hujan angin, bahkan sangat tahu kekuatan dan keuletan kapalnya.

Seorang yang tak bisa teguh pegang kemudi, biasanya dikarenakan kurangnya pengetahuan, dangkalnya pengalaman dan minimnya gemblengan, tapi yang lebih PENTING kiranya mereka tidak mempunyai kepercayaan yang teguh, tidak mempunyai kepercayaan diri, kurang tenang dan kurang nekad / kurang punya keberanian. Seperti rumput yang tumbuh di atas dinding, juga seperti pohon tanpa akar, maka begitu kena sedikit goncangan sudah tampak kelemahannya, jatuh ke kanan-ke kiri.

Hal diatas bagi seorang Siu Tao tentu akan banyak mengambil hikmahnya, hanya yang ulet dan yang tebal kepercayaannyalah yang tidak akan goncang dalam situasi apapun dan akan selamat mencapai suatu kesuksesan.

Heng-Heng

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*