Intan Dalam Debu – the web

Peringatan HUT Akbar Klenteng Tjoe Hwie Kiong Rembang

Posted by adminidb December 7, 2013, under Volume 9 | No Comments

Peringatan HUT Akbar Klenteng Tjoe Hwie Kiong Rembang

Oleh : Taoyu Salatiga

 

Pada tanggal 14-15 bulan 3 Imlek, atau tepatnya pada tanggal 7-8 April 2001 yang lalu, telah diadakan peringatan HUT Akbar (tiap 10 tahun sekali) Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Rembang ke-161.

 

Dan untuk memperingati HUT Akbar tersebut banyak rombongan peserta JUT BIO YOE KHEE (kirab) dari luar kota Rembang bahkan ada yang dari pulau Jawa. Antara lain dari Kudus, Semarang dan juga dari Salatiga.

 

Rombongan dari Kelenteng HOK TEK BIO Salatiga yang mayoritas adalah muda-mudi dan juga para Taoyu berangkat dari Salatiga pukul 10.00 WIB. Yang mana sebelum berangkat untuk mengikuti JUT BIO keliling kota Rembang mengadakan upacara Sembahyang Bersama, kami mohon ijin kepada Thian Tuhan Yang Maha Esa dan para Sien Bing, juga melaksanakan Thiam Bendera Kebesaran dari MAKCOO POO THIAN SIANG SENG BOO.

 

Sesampainya di kota Rembang pukul 14.00 WIB, kami langsung menuju ke tempat peristirahatan yang telah disediakan oleh panitia untuk beristirahat dan membersihkan badan dahulu setelah menempuh perjalanan jauh dari Salatiga. Karena pada dini hari nanti pukul 02.00 WIB kami harus mempersiapkan KIO (tandu) yang nantinya akan diarak keliling kota Rembang pada pukul 08.15 WIB.

 

Pada hari Minggu pukul 08.15 WIB, pelaksanaan JUT BIO keliling kota Rembang dimulai dari Tuan Rumah Kelenteng Tjoe Hwie Kiong disusul rombongan dari kelenteng Bungangan Semarang, kemudian rombongan dari Banjarnegara-Adiwerna, selanjutnya rombongan dari Demak dan giliran berikutnya baru rombongan dari Hok Tek Bio Salatiga berangkat JUT BIO keliling kota Rembang yang mana menempuh jarak sekitar 3,5 km.

 

Antusias dari masyarakat Rembang dalam menyaksikan JUT BIO keliling kota Rembang ini angat besar, dilihat dari kerumunan masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui. Dan tidak sedikit pula baik wanita maupun pria, tua dan muda saling berebutan untuk ikut mengusung tandu-tandu yang diarak. Banyak juga dari penduduk kota Rembang yang menyediakan makanan maupun minuman segar untuk dibagikan kepada para peserta JUT BIO.

 

Dikarenakan JUT BIO keliling kota tersebut melewati jalur pantura maka hal tersebut mengakibatkan antrian kendaraan yang cukup panjang.

 

Akhirnya setelah mengelilingi kota Rembang yang sangat melelahkan, dikarenakan udara sekitar yang sangat panas dan jarak tempuh yang lumayan jauh, rombongan dari HOK TEK BIO Salatiga memasuki kelenteng TJOE HWIE KIONG sekitar pukul 12.00 WIB. Dan kemudian mempersiapkan diri untuk kembali ke Salatiga.

 

Rombongan HOK TEK BIO Salatiga yang berangkat pukul 14.45 WIB, meninggalkan kota Rembang yang hingar-bingar seusai memperingati HUT Akbar ke-161 Kelenteng TJOE HWIE KIONG. Yang mana meninggalkan kesan sangat membekas dihati kami para Taoyu Salatiga, dimana segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar dan aman sehingga menghapus rasa lelah karena berjalan keliling kota Rembang sejauh 3,5 km dibawah panasnya terik matahari. Berkat Perlindungan dan Bimbingan selalu dari MAKCOO POO THIAN SANG SENG BOO.

 

Sampai jumpa 10 tahun di Rembang....................

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*